Home ยป Cara Memilih Arrow Yang Tepat

Cara Memilih Arrow Yang Tepat

by Arya Archery

Ada pertanyaan mendasar tentang bagaimana cara memilih arrow yang tepat untuk busur saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya apa yang sudah saya pelajari dari bagaimana mentukan pilihan arrow yang tepat untuk busur panah.

Ada banyak pendapat berbeda dari pilihan arrow, ya itu sangat wajar karena ada banyak faktor yang menentukan contoh singkatnya saja adalah dari skill memanah itu sendiri. Jika seorang pemanah yang mempunyai skill tinggi dan jam terbang yang mumpuni mungkin tidak begitu masalah dengan penggunaan arrow berbahan jenis apa saja. Tapi, bagi yang masih pemula tentu ini sangat merepotkan.

Plihan arrow natural dari shaft bambu

Untuk memilih arrow yang tepat ada beberapa point penting yang saya rangkum dibawah ini. Yang paling mendasar adalah kita harus tahu terlebih dahulu bagian bagian penting dari arrow misalnya shaft, point, bulu dan nock.

Shaft arrow

Inilah bagian dasar yang harus kita ketahui terlebih dahulu dalam memilih arrow yang tepat kita harus mengetahui berapa panjang shaft yang cocok untuk saya gunakan. Untuk ukuran orang Indonesia rata-rata penggunaan panjang shaft adalah dari 29 inch hingga 31 inch. Itu tergantung dari panjang tarikan lengan Anda.

Point Arrow

Penjelasan mendasar yang kedua adalah point. Ada banyak jenis ukuran dan bahan point anak panah. Untuk bahan paling banyak dijumpai adalah yang berbahan stenlis. Sebaiknya dalam memilih point arrow pilihlah dengan berat yang ringan diantara 3-5 gram. Karena jika point arrow terlalu berat tentu akan mengakibatkan laju arrow tidak stabil karena point terlalu berat. Lihat video bagaimana cara memasang point dengan mudah.

Bulu, atau fletching.

Bahan bulu kalkun atau bulu entok adalah yang paling banyak digunakan oleh pemanah horsebow. Tentukan pilihan yang tepat. Bulu kalkun import adalah bahan bulu yang bagus dan tebal dibandingkan dengan bulu entok. Tetapi itu tergantung dari ukuran diameter arrow. Jika Anda menggunakan arrow dengan diameter 6mm tentu yang cocok adalah menggunakan bulu entok.

Nock, self nock

Self nock atau nock natural adalah yang paling murah dan cocok untuk diaplikasikan pada arrow natural khususnya untuk busur tradisional.

Penjelasan diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya, tentu akan berbeda juga dengan penjelasan orang lain.

Bagian lain tentang penjelasan dalam memilih arrow supaya cocok dengan busur yang dipakai adalah berat tarikan busur. Ketahui dahulu berat tarikan busur yang Anda gunakan. Karena pilihan busur setiap orang akan berbeda. Misalnya anda menggunakan busur panah dengan berat tarikan atau draw weight kisaran 30-40 LBs sebaiknya menggunakan arrow dengan berat kisaran antara 20-25 gram dengan spine kisaran antara 500-700 spine. Semakin rendah spine semakin bagus. Untuk mengukur spine arrow akan saya bahas di kesempatan artikel lain.

Bahan arrow

Bahan shaft arrow ada  beberapa jenis yaitu jenis natural yang terdiri kayu dan bambu, kemudian ada yang dari alumunium, karbon dan fiber. Anda bisa mencoba dari beberapa type bahan arrow diatas. Tapi untuk mencoba yang termurah tentunya bahan natural yang dari kayu dan bambu adalah pilihan yang tepat.

Kelurusan arrow.

Selektiflah dalam memilih arrow dan menggunakannya apalagi jika Anda menggunakan arrow natural seperti bambu ataupun kayu. Karena, lurus tidak nya arrow ini sangat penting untuk meningkatkan akurasi. Usahakan dalam memilih arrow perhatikan kelurusannya. Setidaknya mendekati hingga 98% tingkat kelurusan.

Sebenarnya ada banyak faktor dan pendapat yang lain perihal penjelasan saya diatas dari bagaimana dalam memilih arrow yang tepat. Tetapi setidaknya bisa sedikit memberikan gambaran untuk anda. Jika ada pertanyaan atau masukan yang lain perihal pembahasan ini silahkan untuk berkomentar di bagian bawah artikel ini.  Terimakasih.

You may also like

Leave a Comment