Home ยป Cara Memilih Busur Panah Horsebow untuk Pemula

Cara Memilih Busur Panah Horsebow untuk Pemula

by Arya Archery

Hallo Archer Indonesia, disini saya akan sedikit berbagi pengalaman untuk Anda perihal dalam memilih busur panah. Semoga beberapa hal penting dibawah ini dapat membantu Anda. Sebelum Anda menentukan pilihan busur horsebow yang sesuai ada baiknya membaca beberapa referensi dan panduan dalam memilihnya.

memilih busur panah horse bow

busur panah horsebow

Disini saya akan berbagi pengalaman saya untuk Anda dan beberapa point penting sebelum memilih busur horsebow yang tepat.

Maksud dan alasan.

Bagian point ini mungkin saya rasa yang paling penting, karena apa tentu semua orang akan mempunyai beberapa alasan yang tepat kenapa Anda harus membeli busur, karena sebenarnya ada beberapa banyak tipe busur panah, dari yang tradisional hingga yang modern.

Jadi sebaiknya point ini harus dipunyai bagi Anda yang ingin membeli dan menentukan busur horsebow yang bagaimana. Pada umumnya alasan yang tepat adalah maksudnya yaitu untuk olahraga, berburu, atau bisa dikatakan untuk hobi juga. Nah jika alasan itu memang benar sesuai dengan Anda berati tepat sekali.

Sebenarnya ada banyak tujuan orang dalam menggunakan busur panah, ada yang digunakan untuk hunting atau berburu, ada yang bertujuan untuk menyalurkan hobi atau menjalan sunnah, ada yang sekedar untuk olahraga, belajar trick shoot, belajar memanah jarak jauh, belajar memanah sambil berkuda, ada yang untuk digunakan untuk memanah target dan lain sebagainya.

Berat tarikan ( Draw Weight )

Setiap busur tentu mempunyai berat tarikan atau istilahnya Draw Weight yang biasa disebut dengan satuan Pound atau LBS. Nah jika anda masih pemula sebaiknya untuk memilih busur horsebow yang mempunyai draw weight yang ringan dahulu. Misalnya dengan berat kisaran antara 25lbs hingga 30lbs.

Dengan berat yang ringan seperti ini tentu akan meminimalisir cidera lengan. Karena biasanya kalau lengan belum terbiasa untuk menarik busur yang berat akan mengakibatkan cidera. Jadi jangan asal merasa kuat dengan memilih busur panah yang mempunyai berat tarikan yang tinggi.

Panjang Tarikan (draw Lenght)

Point ketiga ini juga sangat penting, karena setiap busur mempunyai panjang tarikan berbeda-beda tergantung dari model busur itu sendiri. Untuk menentukan panjang tarikan sebaiknya menyesuaikan dengan postur tinggi tubuh Anda. Namun pada umumnya orang Asia atau Indonesia panjang tarikan busur itu diantara 27 inch, 28 inch, hingga 30 inch. Tergantung dari tinggi tubuhnya. Nah Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya yaitu pertama berapa maksimal draw lenght nya.

Jenis busur horsebow.

Ada banyak model jenis busur tradisional khususnya busur horsebow. Jika anda ingin memilih busur sebaiknya juga untuk mencari beberapa referensi tentang jenis jenis busur tradisional horsebow. Untuk di Indonesia sendiri jenis busur panah horsebow yang paling banyak dijual adalah model turkish, tatar, kaiyuan, magyar, hungarian, korean, manchu. Sebenarnya masih banyak model jenis busur tradisional dan akan saya bahas di artikel lain pada blog ini.

Harga

Untuk harga sendiri memang sangat bervariatif, dari yang murah ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Nah jika Anda masih pemula dan ingin memilih busur horsebow yang tepat tentu yang paling tepat adalah memilih biaya yang murah terlebih dahulu. Karena murah dan mahalnya harga busur ditentukan dari bahan dan finishing oleh pembuatnya atau bowyernya.

Bahan dari fiberglass atau EFG adalah bahan yang tepat dan paling banyak digunakan dalam pembuatan busur horsebow. Anda bisa mencari referensinya tentang busur horsebow berbahan fiberglass atau EFG di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, ataupun shopee.

Masa Garansi.

Point terakhir dalam pemilihan busur horsebow adalah garansi. Garansi busur memang sangat perlu, jadi sebaiknya sebelum menentukan kepada siapa Anda membeli busur tanyakan dahulu perihal garansi. karena kita tidak mau kan setelah membeli busur ternyata baru dipakai beberapa minggu ternyata busur nya terjadi patah, atau crack pada bagian limbs nya.

Kesimpulan singkatnya adalah sebelum memilih busur horsebow tentukan dulu maksud dan tujuannya untuk apa busur tersebut digunakan, kemudian berapa berat tarikan yang cocok untuk pemula begitupun maksimal draw lenght nya, pilih harga yang tepat dan garansinya.

You may also like

Leave a Comment