Home ยป Tips Memilih Busur Panah untuk Pemula

Tips Memilih Busur Panah untuk Pemula

by Arya Archery

Olahraga memanah ini memang perlu banyak peralatan yang digunakan dari busur, anak panah, papan target, tempat atau lokasi, dan juga banyak lagi aksesoris lainnya untuk menunjang dalam alat alat olahraga panahan.

Tetapi disini kita tidak akan membahas lebih detail tentang aksesoris apa saja yang akan dibutuhkan dalam olahraga panahan ini, yakni bagaimana sih menentukan pilihan busur panah yang tepat untuk kita miliki.

Biar lebih mudah dalam memahami, disini saya bagi beberapa point penting dalam memilih busur panah yang tepat bagi pemula.

Jenis busur.

Sebelum menentukan pilihan yang tepat untuk busur ada baiknya kita tentukan dulu jenis busur apa yang akan kita gunakan, dalam olahraga memanah ada 3 type umum jenis busur panah yaitu busur panah horse bow atau busur panah tradisional, recuve atau busur panah standar dan busur panah compound.  Untuk mengetahui lebih detail tentang ketiga busur panah ini akan saya bahas di artikel saya selanjutnya.

Nah menurut saya untuk bagi para pemula pilihan yang tepat adalah memilih busur panah recuve atau busur panah jenis standar. Jenis busur panah ini terbilang cukup murah pasarannya, apalagi di negara kita banyak sekali pengrajin busur panah standar yang bahan dasarnya dari kayu dan untuk limbs nya dari PVC dan harganya berkisar antara 200rb hingga 500rb trgantung model dan bahan kayu yang dibuat.

memilih busur panahBusur panah standar merupakan busur yang cukup mudah dalam pemakaiannya, karena pada busur tersebut sudah ada bagian atau tempat untuk meletakkan anak panah atau biasa disebut dengan arrow rest. Dengan model ini tentu akan memudahkan bagi para pemula dalam memulai belajar olahraga memanah.

Berat tarikan ( Draw Weigh )

Untuk berat tarikan tentu merupakan bagian penting. Karena menyesuaikan dengan kekuatan tenaga disaat kita akan men draw anak panah, pemilihan draw weight yang tepat akan menentukan ukuran berat tenaga yang kita punyai. Jangan mencoba memilih berat tarikan yang terlalu berat.  Sebaiknya memilih berat tarikan sekitar 25-30lbs.

Arrow atau anak panah

Point terakhir dalam memilih busur panah untuk pemula adalah arrow atau anak panah.  Banyak sekali model, ukuran dan bahan arrow ini, dari bahan bambu, kayu, fiber, carbon, dan alumunium. Untuk pemula saya menyarankan memilih arrow yang bahannya dari kayu sperti kayu ramin dengan diameter 8mm.

Bahan arrow ini cukup banyak yang menjualnya di toko toko online. Anda bisa mencarinya disana dengan kisaran harga 10ribu hingga 30ribuan per buahnya tergantung dari bahan sayap atau vanes yang digunakan. Saya sarankan untuk vanes atau sayap pilihlah yang menggunakan bulu. Misalnya bulu entok atau bulu kalkun.

Itulah sedikit tips awal dan basic dari saya untuk bagaimana cara memilih busur panah untuk pemula, dan mungkin masih banyak lagi tips tips lainnya mengenai pemilihan busur panah ini, nah bagi teman teman archer yang sudah profesional  jika ada yang ingin menambahkan tips yang lain saya harap bisa menuliskan dikolom komentar.

Mari bersama sama kita berbagi untuk teman kita yang sekiranya membutuhkan informasi dalam memilih busur panah yang tepat. Terimakasih semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment